Header Ads Widget

news

6/recent/ticker-posts

Jejaring Sosial Salingsapa


INFO-KOMPUTER.tk – SalingSapa.com merupakan Jejaring Sosial seperti halnya Facebook, namun yang membedakannya adalah adminnya adalah seorang anak SMP yang bernama Muhammad Yahya Harlan, dia berusia 13 tahun dan merupakan anak sulung dari pasangan suami isteri, Yan Harlan (45 Tahun) dan Fidriana (37 Tahun) dimana keluarga ini tinggal di kota kembang Bandung, Jawa Barat.

Jejaring sosial ini dibuat pada tanggal 28 November 2010, ada yang unik dari SalingSapa ini yaitu ketika saya mengunjungi pertama kali website ini, maka akan muncul sebuah background berupa gambar Kabah yang sedang dikelilingi umat islam yang sedang melaksanakan ibadah Haji, sedangkan salah satu menunya ada menu tentang Al Quran Online yang bisa dibaca via internet, sungguh saya kagum sama admin yang satu ini. Tidak hanya itu Yahya juga sangat peduli dengan moral generasi muda, dibuktikan dengan dia menulis status yang isinya melarang mengupload gambar porno atau gambar yang kurang enak untuk dilihat, maka dia sendiri yang akan menghapusnya.

Namun muncul berbagai isu yang tidak mengenakkan perihal Lisensi CMS (Content Management System) yang digunakan untuk membuat jejaring sosial ini. Disini saya akan memberikan informasinya secara lengkap dan ditambahkan dengan data dan fakta yang akurat. CMS yang digunakan adalah jcow.net merupakan CMS yang gratis asalkan logo jcow yang ada dibawah (footer) tidak boleh dihapus, namun logo jcow pada SalingSapa tidak ada alias dihapus, hal itu hanya bisa dilakukan apabila seseorang sudah membeli lisensi dari jcow.net, dan setelah saya cek dari situs jcow.net bahwa SalingSapa.com sudah membeli Lisensi dari jcow.net, sehingga mempunyai hak untuk menghapus logo jcow yang ada di bagian footer. Silakan cek lisensi [disini].

Yang menjadi pertanyaan kita semua termasuk saya, kok bisa anak SMP seperti Yahya bisa mengembangkan jejaring sosial SalingSapa.com? saya akan memberikan jawaban yang dikumpulkan dari berbagai sumber seperti TribunNews.com, Kompasiana.com, dan dari status Yahya (Admin SalingSapa.com). Yahya adalah seorang siswa SMP Sekolah Alam Bandung yang suka dengan mata pelajaran IPA dan hobi ngotak-ngatik komputer, dibantu oleh ayahnya yang juga hobi dengan komputer, sehingga Yahya memberanikan diri untuk membuat jejaring sosial berbahasa Indonesia seperti halnya Facebook, untuk menambah pengetahuannya dibidang komputer Yahya juga mengikuti les di KomLab ITB dimana pesertanya kebanyakan mahasiswa.

Untuk mengembangkan SalingSapa.com Yahya dibantu dan dibimbing oleh Om nya yaitu Acong (Pemilik Indowebster) untuk tempat hosting, Adi Kusuma dari Arsen, Galih dari IDC. Sehingga tidak aneh Yahya bisa men”develop” jejaring sosial SalingSapa.com mengingat keluarga yang ada didekatnya saling mendukung dan bisa membimbing Yahya, sehingga terciptalah jejaring sosial SalingSapa.com.

Prestasi yang sudah didapat adalah diundang untuk menyampaikan presentasi didepan mahasiswa dan dosen ITB perihal jejaring sosial yang dibuatnya, selain itu Yahya juga diwawancarai oleh eLifeStyle MetroTV, MNC TV, dan yang paling hebat adalah SalingSapa.com akan dibuatkan sebuah Hak Ciptanya oleh Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar secara gratis, selain itu Menko Kesra Hatta Radjasa menjanjikan akan memberikan Beasiswa kepada Yahya.

LANGSUNG AJA MASUK :
www.salingsapa.com/login